Kapal Iran Mendekat, Armada AS Lepaskan Tembakan Peringatan

Kru kapal USS Firebolt akhirnya melepaskan tembakan peringatan ketika kapal-kapal Iran itu terus bergerak mendekat. Setelah tembakan dilepas, kapal IRGCN bergerak menjauh ke jarak yang aman dari kapal AS.


POJOKOPINI.COM — Awak kapal Angkatan Laut Amerika Serikat melepaskan sejumlah tembakan peringatan ke arah tiga kapal cepat militer Iran di Teluk Persia pada Minggu (25/4).

Tembakan peringatan itu dilontarkan setelah ketiga kapal cepat Iran dilaporkan melaju terlalu dekat dengan kapal Angkatan Laut AS.

Angkatan Laut AS melaporkan bahwa tiga kapal serang Iran yang dioperasikan Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Iran (IRGCN) itu mendekat dalam jarak 62 meter dari USS Firebolt dan kapal penjaga pantai Baranoff yang sedang berlayar di perairan internasional itu.

Menurut keterangan US Fifth Fleet, kapal Iran itu terus mendekat meski awak mereka sudah melontarkan peringatan melalui radio dan pengeras suara.

Kru kapal USS Firebolt akhirnya melepaskan tembakan peringatan ketika kapal-kapal Iran itu terus bergerak mendekat. Setelah tembakan dilepas, kapal IRGCN bergerak menjauh ke jarak yang aman dari kapal AS.

AS menganggap manuver kapal Iran itu “meningkatkan risiko salah perhitungan dan/atau tabrakan.”

Mereka pun memperingatkan bahwa armada angkatan lautnya AS itu bisa saja “mempertahankan hak yang melekat untuk membela diri” dalam situasi tersebut.

Insiden ini bukan yang pertama kali terjadi. Pada 2 April lalu, empat kapal Iran yang terdiri dari tiga kapal cepat dan kapal katamaran Harth 55, juga berlayar mendekati dua kapal patroli penjaga pantai AS hingga melintasi mereka dan mengabaikan peringatan.

Rekaman angkatan laut AS menunjukkan Harth 55 bahkan memotong jalur dengan melakukan manuver di depan kapal AS hingga membuat kapal itu berbelok demi menghindari tabrakan.

Konfrontasi kapal militer kedua negara ini terjadi di tengah upaya negara Barat dan Iran menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 setelah diabaikan Presiden Donald Trump.[] CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *