Tumbuhan istimewa: Buah Zaitun

Di dunia ini jarang ada sesuatu yang bisa digunakan untuk di dalam dan di luar tubuh secara sekaligus, tetapi minyak zaitun bisa untuk itu, aman di luar juga bermanfaat di dalam.


POJOKOPINI.COM — Qs. An-Nuur ayat 34-42 Ayat 34 : “Dan sungguh, Kami telah menurunkan kepada kamu ayat2 yang memberi penjelasan, dan contoh2 dari orang2 yang terdahulu sebelum kamu dan sebagai pelajaran bagi orang2 yang bertaqwa

Ayat 35 : “Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahayaNya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca, (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yanh berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir2 menerangi, walaupun tidak di sentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahayaNya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan2 bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu

Cahaya biasanya identik dengan panas, tapi di ayat ini Allah menjelaskan bahwa buah zaitun bisa memberikan cahaya yang luar biasa tanpa menggunakan panas. Sedangkan kita tahu, kita semua mempelajari saat di sekolah dasar, proses fotosintesis dibantu oleh cahaya matahari yang berasal dari energi panas, sedangkan buah zaitun dapat menghasilkan cahaya tanpa panas. Allahu Akbar!!

Tinjauan Al-Qur’an

Ayat Al-Qur’an tentang buah Zaitun: Satu dari 7 buah yang disebut dalam Al-Qur’an. Angka 7 menurut budaya arab adalah adalah angka yang banyak, misalnya tawaf juga 7 kali. Di dalam Al-Qur’an, buah zaitun disebut sebanyak 7 kali oleh Allah : 2x zaitun itu disebut sendiri, 5x disandingkan dengan buah lain seperti kurma, delima, anggur, buah tin, pisang Ini membuktikan bahwa keberadaan buah-buahan sangat bermanfaat ada di muka bumi.

QS Al-An’am ayat 99: Ilmu tentang botani (tumbuhan), yaitu bagaimana Allah menghijaukan bumiNya dengan tetumbuhannya. Di dalam ayat ini Allah nyatakan bahwa tetumbuhan itu membutuhkan sesuatu untuk dapat hidup dengan baik, yaitu air, tanpa air tumbuhan manapun tidak bisa hidup. Dari sana pula timbul hal-hal lain, tunas tumbuh membutuhkan dengan bantuan cahaya, kemudian dari tunas berkembang menjadi batang, lalu tumbuh daun, daun menghijau, terus berkembang sampai bisa dimanfaatkan oleh manusia. Demikianlah prosesnya yang berawal dari air, tanpa air tidak ada kehidupan manusia. Ini baru air, masih banyak lagi ciptaan-ciptaan Allah yang luar biasa bila kita pikirkan.

QS An Nahl ayat 11: Allah meminta kita untuk berpikir, kenapa air bisa berputar di atas awan dalam bentuk es beku, dari yang tadinya berbentuk gas, kemudian cair, lalu sampai ke tetumbuhan yang dibutuhkan oleh makhluk hidup

QS Al-An’am ayat 41: Dalam ayat ini Allah memerintahkan kita untuk memanfaatkan apa yang telah Allah tumbuhkan, di sini dijelaskan berbagai macam rasa, dalam ayat ini diwakili oleh kurma, delima, zaitun. Rasanya ketiga buah ini cenderung manis, namun dari masing-masing tumbuhan ini memiliki manis yang berbeda. Tiga tumbuhan ini hanya wakil dari ribuan spesies buah-buahan dan tumbuhan-tumbuhan yang jika ditanam dan dialiri air bisa menghasilkan rasa yang berbeda-beda. Seperti halnya tumbuhan cabe yang memiliki rasa yang membuat “benci tapi rindu” bahkan menjadi komoditi yang besar di Indonesia. Ada tumbuhan yang ditanam jadi manis, ada yang jadi pedas, dll.

QS Al Mukminuun ayat 20: Pohon zaitun tidak disebutkan secara langsung di dalam ayat ini, tapi disebutkan bahwa ada sebuah pohon kayu dari Thursina yang menghasilkan minyak. Dimana pada saat itu pohon yang ada di Thursina hanyalah pohon zaitun. Zaitun menghasilkan minyak, namun pada lahiriahnya buah zaitun tidak berminyak, Allahu Akbar!!!

QS Abasa ayat 29: Dalam ayat ini Allah bersumpah atas nama zaitun. Demikian sangat terhormatnya buah ini. Jika Allah bersumpah dengan sesuatu, itu menandakan bahwa sesuatu itu amatlah penting, seperi halnya “Demi waktu”, “Demi Dhuha”…

QS At Tin ayat 1: Buah zaitun disanding dengan buah Tin. Dimana setelah itu selalu setelah Buah Tin diikuti dengan bukit Thursina.

Catatan sejarah

Pohon Zaitun pertama kali didomestikasi di Mediterania Timur antara 8.000-6.000 tahun yang lalu (sumber: Proceedings of the Royal society B) melalui analisis genetik 1.900 sampel di sekitar laut Mediterania. Kenapa Mediterania? Mediterania adalah tempat di sekitar bukit Thursina, tempat perpaduan iklim, di sini iklimnya bagus, manusia suka tinggal di sini. Ternyata tumbuh-tumbuhan pun suka. (*Domestikasi adalah proses dari liar dijinakkan)

FITOKIMIA (Kandungan Kimia)

Buah Zaitun yang matang mengandung: 80% air 15% minyak 1% protein 1% karbohidrat 1% serat Untuk menghasilkan buah dan agar bisa berproduksi dengan penuh, pohon zaitun harus berumur 15-20 tahun. Jika diolah menjadi minyak, kandungan asam lemak yang dimiliki zaitun :

  • Omega 9 sebanyak 79%
  • Asam palmitrat / asam lemak jenuh 11%
  • Asam linoleat atau omega 6 sebanyak 7%
  • Asam stearat 2%
  • Dll sebanyak 1%

Dalam 1 sendok minyak zaitun mengandung lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh, asam lemak tak jenuh paling banyak adalah asam oleat yaitu sebanyak 55-83% konsumsi dunia, 23,7 kg Yunani, 13,62kg Spanyol, 12,35kg Italia 11, 1 kg Tunisia, dann 7,1 kg Portugal, 7 kg Syiria, juga 1,8 kg Maroko, dan 1,34 Perancis, 1,2 Turki, terakhir 0,56 Amerika. Mereka biasanya mengonsumsi dengan dicelupkan ke roti, atau nasi, lalu dimakan. Kenapa orang Indonesia banyak yang strooke? Karena budaya konsumsi minyak zaitun tidak ada, di Turki mereka juga jarang olahraga dan banyak yang gemuk, tapi mereka tidak strooke, karena konsumsi zaitun, biasanya sebanyak 2-3 sendok sekali makan.

Manfaat Buah Zaitun

  • Menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan nabatinya sangat tinggi, cukup dengan 2 sendok setiap hari. Bagi pecinta gorengan (gorengan mania ) maka darahnya akan berminyak, minyak ini mengendap di pembuluh, di pembuluh kaki, tangan. Begitu jahatnya gorengan tapi sangat dicinta. Jantung butuh makanan untuk suplai pergerakan (berdenyut). Zaitun ampuh sebagai pencegah sakit jantung.
  • Mampu melawan kanker. Minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel (kerusakan ini dapat memicu kanker), fenol dalam minyak zaitun ekstra virgin bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat proses kanker, asam oleat diperkirakan mencegah penyebaran tumor Fenol adalah senyawa dalam zaitun, sehingga orang-orang sedang mengembangkan senyawa tiruan yang mirup fenol dalam zaitun, sehingga bisa memiliki fungsi seperti zaitun. Namun Senyawa alam lebih kuat dari senyawa tiruan. Banyak spesies-spesies baru ditemukan di Indonesia bukan oleh orang Indonesia, misal di laut-laut Indonesia ditemukan plankton yang dibudidayakan oleh orang luar, mereka menanam plankton tersebut di laut Indonesia dengan meletakkan semacam kerang untuk memperbanyak plankton tersebut, setahun kemudian, mereka kembali ke Indonesia dan mengambil kerang yang sudah berisi spesies-spesies langka itu dengan gratis, mereka olah dan setelah menjadi obat, orang Indonesia yang pertama beli.
  • Menghilangkan artritis (pengapuran)
  • Mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. caranya dikonsumsi dalam campuran makanan
  • Menghentikan rasa nyeri
  • Mencegah Diabetes. Kandungan lemak tidak jenuh dalam buah zaitun dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Di dunia ini jarang ada sesuatu yang bisa digunakan untuk di dalam dan di luar tubuh secara sekaligus, tetapi minyak zaitun bisa untuk itu, aman di luar juga bermanfaat di dalam. Kuat bereaksi di dalam dan kuat bereaksi di luar juga,
  • Manfaat Minyak Zaitun untuk kecantikan. Pelembab Wajah Zat linoleic acid, berfungai untuk pelembab kulit kering dan mulai keriput. Zaitun juga baik untuk penyubur rambut supaya rambut lebih hitam dan lebat

INTERNATIONAL OLIVE N OIL AWARD IOOA adalah Organisasi yang continue membahas zaitun dari tahun ke tahun Ibnu Umar ra. Berkata, Rasulullah SAW bersabda “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi allah” (HR Al Baihaqi dan Ibnu Majah).

Hadits ini terdengar sangat lugas, Nabi menyuruh minum agar kita mendapat berkah. Di dalam riwayat lain dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Barangsiapa menggosok (badannya) dengan minyak zaitun, syaitan tidak akan mendekatinya.

Jika sebelumnya dijelaskan bahwa minyak zaitun dapat mempercantik fisik (penampilan), pada hadits ini zaitun bisa mempercantik ruhiyyah, yaitu menjaga kita dari setan, menghalangi setan masuk ke dalam tubuh kita. Hal inilah yang sampai sekarang belum dapat dibuktikan secara ilmiah oleh ilmuan. Jika dilihat dari tingkatannya, maka bisa dikatakan hampir semua kebutuhan kita dapat dipenuhi oleh Zaitun.[]

Kajian bersama Ustadz Dr. Anom Bowolaksono, M.Sc, Ahad (18/1/2015) di Aula Utama Masjid UI Depok. Diedit dari sumber tulisan: website mesjidui.ui.ac.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *